kEGIATAN

Sabtu, 16 Oktober 2010

Bagamana kepribadian Islam ???

Gimana sih Konsep Kepribadian dalam Islam?

Filed under: Psikologi Islam, Psikologi Kepribadian

Dewasa ini udah banyak banget hasil yang dicapai oleh para ahli psikologi dalam usahanya untuk nyusunin teori kepribadian yang menurut Sumadi Suryabrata neh terbagai ke dalam tiga kelompok, yaitu: 1. Teori Tipologis, 2. Teori Faktorial, dan 3. Teori Pensifatan. Teori kepribadian yang terakhir disebutin, pertama kali dikemukakan oleh Freud. Namun belakangan teori kepribadian dengan pendekatan agama terutama Islam banyak dikembangkan.

Manusia dalam kansepsi kepribadian Islam merupakan makhluk mulia yang memiliki struktur kompleks. Banyak di antara psikolog kepribadian barat, khususnya aliran behavioristik, kurang memperhatikan substansi jiwa manusia. Manusia hanya dipandang dari sudut jasmaniah saja yang mengakibatkan penelitian yang dilakukan seputar masalah lahiriah. Mereka banyak melakukan eksperimen terhadap tingkah laku hewan dan hasilnya digunakan untuk memotret tingkah laku manusia. Teori tingkah laku hewan disamakan dengan teori tingkah laku manusia. padahal struktur kepribadian manusia selain struktur jasmaniah juga terdapat struktur ruh yang mana keduanya merupakan subsatansi yang menyatu dalam struktur nafsani. Oleh karena itu, pemahaman kepribadian manusia tidak hanya tertumpu pada struktur jasmani melainkan harus juga meliputi struktur ruh.

Dalam pandangan Islam, kepribadian merupakan interaksi dari kualitas-kualitas nafs, qalb, akal dan bashirah, interaksi antara jiwa, hati, akal dan hati nurani. Kepribadian, disamping bermodal kapasitas fitrah bawaan sejak lahir dari warisan genetika orang tuanya, ia terbentuk melalui proses panjang riwayat hidupnya, proses internalisasi nilai pengetahuan dan pengalaman dalam dirinya. Dalam perspektif ini maka keyakinan agama yang ia terima dari pengetahuan maupun dari pengalaman masuk dalam struktur kepribadian seseorang. Seorang muslim dengan kepribadian muslimnya yang prima, tidak bisa merasakan enaknya daging babi, meskipun ia dimasak dengan standar seleranya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes